Minggu, 20 Mei 2012

Saran Menentukan Topik Blog Blogspot Anda

cara mudah membuat blog, cara dapet duit dari blog, sukses kaya

Anda sudah bikin blog? Tapi masih bingung isi/topik blog keseluruhan? Semoga saran saya ini, bisa membantu anda dalam menentukan topik blog anda. Tujuan seseorang untuk ngeblog bermacam-macam, ada yang modelnya menceritakan kehidupan sehari-hari/diary, bisa berbagi pengalaman, hobi, bisnis, dan informasi-informasi lain yang dibutuhkan oleh khalayak ramai.

Dan Mari kita bahas potensi-potensi beberapa niche/topik

  1. Diary Blog
    Secara umum blog ini berisikan peristiwa yang dialami sehari-hari atau modelnya seperti diary. Bisa dibuat lucu, penuh misteri, dan lain sebagainya. Blog ini mungkin akan sulit dikembangkan jika anda bukan tokoh terkenal atau orang yang mempunyai jaringan sosial yang banyak dan memiliki reputasi yang bagus. Contoh blog model seperti ini seperti blognya Raditya Dika. Untuk mengupdate isi blog, anda tidak perlu kemampuan/skill tinggi di bidang tertentu, selama isinya menarik bahkan bisa bikin orang tertawa atau penasaran, itu sudah menjadi modal handal untuk blog anda.
  2. Tutorial Blog
    Blog ini secara keseluruhan berisi tutorial atau panduan-panduan bagaimana melakukan sesuatu. Ya... seperti blog saya ini. Anda bisa membuat postingan-postingan tentang panduan mengatasi masalah komputer, cara menghias rumah, cara menghias blog, cara membeli domain, cara dapat duit dari internet dan lain-lain. Yang jelas anda harus menguasai atau tahu banyak tentang topik yang anda terapkan pada blog anda. Supaya jika ada pengunjung yang bertanya, anda bisa memberi jawaban yang tepat. Jika topik yang akan anda pakai ternyata sudah banyak diterapkan para blogger lain, anda jangan takut! Buat seunik mungkin dan jangan cuma copy-paste/nyolong artikel blog lain. Buatlah yang belum ada. Anda bisa cari referensi di blog/situs luar negeri kemudian anda terjemahkan, lalu pahami, dan tulis kembali lalu unggah ke blog anda. Anda juga bisa mencarinya di forum-forum yang terkait dengan topik anda.
  3. Blog Berita
    Nah, untuk blog yang satu ini anda harus sering-sering update karena akan selalu ada peristiwa-peristiwa yang terjadi setiap saat. Jangan sampai unggah postingan dengan topik bahasan yang sudah basi. Rangkumlah dari berbagai situs-situs berita terpercaya, jangan lupa kasihkan sumbernya supaya para pembaca percaya. Usahakan berita-berita yang sedang heboh atau berpotensi heboh! Anda juga bisa membubuhkan opini-opini anda di setiap postingan.
  4. Blog Produk
    Isinya ya jualan produk. Bisa produk buatan sendiri, misalnya template blog, kaos, busana muslim, e-book, flash, presentasi power point, dan lain-lain atau produk orang lain misal anda ikut program afiliasi amazon.com atau situs jual-beli lain yang menyediakan program afiliasi, maka anda bisa dapat komisi dari setiap penjualan dari link anda yang diklik pembeli atau anda bisa menyediakan software-software. Beri keterangan, tinjauan, juga testimoni pembeli kalau perlu.
  5. Blog Fans
    Bagi anda yang mengidolakan seorang selebriti atau band begitu fanatik (dan ada orang-orang yang sama seperti anda), maka blog macam ini mungkin bisa menginspirasi anda. Misalnya saat ini sedang ngetren-ngetrennya boy-band/girl-band Korea, anda bisa membuat blog yang khusus membahas mereka, seperti biodata mereka, foto-foto/video, rencana tur, lagu terbaru + liriknya, atau bisa juga anda jualan souvenir yang terkait dengan artis tersebut (bisa mengarah ke no. 4 $o$)
  6. Blog 'amburadul' atau Gado-GadoMengapa amburadul? Ya karena isinya campuran atau tidak spesifik atau umum. Mungkin tujuan bloggernya yaitu menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya dengan berbagai topik yang tidak saling berkaitan (tapi sering dicari) dalam satu blog. Cara ini cukup efektif pada blog-blog yang pernah saya sambangi. Saya juga punya blog macam ni.
Dan mungkin masih ada yang lain, tapi saya baru bisa menginformasikan seperti di atas. Semoga bisa menginspirasi, dan KEEP SPIRIT TO BLOGGING!

Sumber gambar: ge2house.com

0 komentar:

Posting Komentar